untuk membatasi jumlah barang yang diimpor dapat dilakukan dengan cara

Untuk membatasi jumlah barang yang diimpor dapat dilakukan dengan cara

Selamat datang di blog kolam info! Siap-siap untuk menambah wawasanmu! Blog kolam info kali ini akan memberikan jawaban pelajaran yang pasti akan membantumu menjadi lebih pintar. dengan pembahasan kita kali ini yang berjudul untuk membatasi jumlah barang yang diimpor dapat dilakukan dengan cara, tanpa panjang lebar kita lanjut kepernyataan berikut.

Untuk membatasi jumlah barang yang diimpor dapat dilakukan dengan cara..

A. mengurangi bea masuk
B. mempermudah ijin impor
C. menaikan bea masukk
D. memberikan kredit impor

Jawaban

C. menaikan bea masuk.

Penjelasan

Bea masuk merupakan tarif pajak yang dikenakan pada barang yang diimpor ke suatu negara. Dengan menaikan bea masuk, maka harga barang yang diimpor akan menjadi lebih tinggi, sehingga membatasi jumlah barang yang diimpor ke negara tersebut. Cara lain yang dapat dilakukan untuk membatasi jumlah barang yang diimpor adalah dengan menetapkan kuota impor atau menetapkan batas jumlah barang yang boleh diimpor dalam suatu periode waktu tertentu. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan memberlakukan sistem perizinan impor, yaitu dengan memberikan izin impor hanya pada barang-barang yang memenuhi syarat tertentu, seperti memenuhi standar kualitas atau tidak merugikan industri dalam negeri.

Selain dengan menaikan bea masuk atau memberlakukan sistem perizinan impor, terdapat beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk membatasi jumlah barang yang diimpor ke suatu negara, di antaranya adalah:

  • Menetapkan tarif perdagangan: Negara dapat menetapkan tarif perdagangan pada barang-barang yang diimpor, sehingga harga barang yang diimpor akan menjadi lebih tinggi dan membatasi jumlah barang yang diimpor.
  • Menetapkan subsidi: Negara dapat memberikan subsidi pada produk-produk dalam negeri sehingga menjadi lebih murah dibandingkan dengan produk-produk yang diimpor, sehingga membatasi permintaan akan produk-produk yang diimpor.
  • Menetapkan kuota impor: Negara dapat menetapkan batas jumlah barang yang boleh diimpor dalam suatu periode waktu tertentu, sehingga membatasi jumlah barang yang diimpor ke negara tersebut.
  • Mengadakan perjanjian perdagangan dengan negara lain: Negara dapat mengadakan perjanjian perdagangan dengan negara lain yang mengatur jumlah barang yang boleh diimpor dan diekspor antara kedua negara tersebut.

Semua cara yang disebutkan di atas dapat digunakan oleh negara untuk membatasi jumlah barang yang diimpor ke negara tersebut, namun cara yang paling tepat tergantung pada situasi dan kondisi masing-masing negara.

Nah Sobat Kolam dengan demikian jawaban dari pernyataan berjudul untuk membatasi jumlah barang yang diimpor dapat dilakukan dengan cara, yang sudah kalian ketahui dari artikel ini. Terima kasih telah mengunjungi Kolam Info. Semoga jawaban yang diberikan diatas dapat membantu teman-teman semua dalam menambah wawasan dan semangat belajar. Sampai jumpa di artikel kolam info berikutnya !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *